Sabtu, 14 April 2018

LEADERSHIP : 6. MENGATUR [ MANAGING ]

6. MENGATUR
[ Managing ]

6.1 Managing

MANAGING

"Pikiran dan perasaan merupakan sumber kekuatan.
Anda harus dapat mengatur kekuatan keduanya agar menjadi senjata ampuh untuk kesuksesan hidup anda".

Managing/Mengatur adalah kemampuan untuk dapat mempergunakan [ mengorganisir ] segala sumber daya yang tersedia, dengan efektif dan efesien, dalam kerja dan karya yang terkoordinasikan, untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan.

Setiap ciptaan Allah seperti manusia, ilmu, teknologi, binatang, tumbuh-tumbuhan dan alam lainnya pasti akan terkena peraturan atau hukum yang bertujuan untuk menciptakan adanya produktivitas, kenyamanan, keindahan, efesiensi, efektifitas, keseimbangan dan lainnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur yaitu : waktu, ruang, gerakkan, kecepatan, percepatan, fungsi, tujuan, jumlah, berat, volume, kualitas, kuantitas, spesifikasi, lingkungan, tinggi, rendah, panas, dingin dan masih banyak lagi.

Mengatur bermula dari diri sendiri dengan pengelolaan sumber daya diri. Mengatur diri berarti kita dapat menentukan sasaran, merencanakan kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan, menggerakkan dan mengoptimalkan perangkat potensi diri pada diri serta mendapatkan daya dukung dari lingkungannya.
Yang juga harus dilakukan yaitu melakukan evaluasi terhadap hasil yang telah memenuhi harapan dan telah kita capai.

6.2 Apakah saya sudah memiliki kesadaran waktu

Apakah Saya Sudah Memiliki Kesadaran Waktu

"Genggamlah komitmen kita terhadap waktu karena keunggulan itu sangat dekat dengan orang yang paling efektif dalam memanfaatkan waktu".

Kesadaran dalam memanfaatkan waktu dengan program yang terencana sangat dibutuhkan agar kita dapat meraih prestasi dalam hidup ini. Orang yang pada detik, jam, hari yang sama menggunakan seluruh energi untuk melakukan aktivitas kehidupan [ berpikir dan kerja ] maka dia akan lebih unggul dibandingkan dengan orang yang pada waktu yang sama melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat.
Betapa sangat berharga pemberian waktu yang kita dapatkan selama hidup ini. Kalau kita coba tengok dengan pemberian umur yang sama ada orang yang mampu mengurus perusahaan raksasa sedangkan sebagian yang lain mengurus diri sendiri saja tidak mampu.

Tahukah kamu, bahwa statistik memperlihatkan bahwa rata-rata masa hidup orang dewasa dihabiskan dengan cara di bawah ini :
Tidur : 24 tahun
Bekerja : 11 tahun
Bermain/latihan [ rekreasi ] : 8 tahun
Makan : 6 tahun
Mandi dan berpakaian : 5,5 tahun
Berbicara : 3 tahun
Lain-lain : 0,5 tahun
Jumlah : 58 tahun [ satu masa kehidupan dewasa ].
Coba lihat, bagaimana kita dapat mengaitkan [ menghubungkan ] beberapa buah informasi di atas kepada hidup dan kehidupanmu.

6.3 Mengelola kegiatan pertunjukan

Mengelola Kegiatan Pertunjukan

Di sekolah sering melakukan kegiatan-kegiatan diantaranya : Kegiatan Masa Orientasi Siswa, Ulang tahun sekolah, pelepasan siswa kelas XII atau peringatan hari-hari agama dan hari-hari besar nasional lainnya. Ada beberapa sekolah yang menyerahkan kepanitiaannya dikelola oleh siswa-siswa atau OSIS. Tentu tanggungjawab ini merupakan tantangan yang harus dilaksanakan dengan maksimal. Melalui kegiatan ini kalian akan mendaptkan kecakapan langsung, yaitu : kecakapan manajerial, kecakapan komunikasi, pengelolaan dan kerjasama yang merupakan aspek-aspek ilmu leadership.

Tentu saja diperlukan usaha yang sungguh-sungguh agar kegiatan pertunjukan dapat berlangsung dengan lancar dan mencapai target juga tujuan yang diharapkan. Tahapan-tahapan yang harus kita lakukan sebagai berikut :
• PROSES PENGORGANISASIAN
° Merinci tugas-tugas [ pekerjaan-pekerjaan ].
° Mengelompokan pekerjaan-pekerjaan.
° Membagi tugas.
° Menyusun mekanisme koordinasi.
• PROSES PENGARAHAN
° Memimpin, Memberi arahan.
° Mengembangkan kemampuan : melatih dan membimbing.
° Meningkatkan motivasi.
• PENGENDALIAN
° Menetapkan standar dan metode pengukuran keberhasilan acara.
° Mengukur dan menilai prestasi biasanya dilakukan oleh guru.
° Membandingkan hasil dengan standar.
° Mengambil tindakan bila perlu artinya jika ada situasi yang kurang menguntungkan dan sangat dibutuhkan segera.

6.4 Menetapkan tujuan

Menetapkan Tujuan

"Serulah [ manusia ] kepada jalan Tuhamu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An - Nahl 16 : 125 ].

Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh kita pada waktu tertentu.

Menetapkan tujuan merupakan sebuah bagian yang sangat penting dalam upaya untuk mencapai keberhasilan dan menyusun rencana kegiatan merupakan langkah awal dalam setiap kegiatan. Rumusan tujuan yang jelas akan mempermudah orang lain memahami dan kemudian melaksanakan tujuan tersebut.
Dan dengan menetapkan tujuan kamu akan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga hidup kamu lebih efisien dan tertata dengan baik.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui bagaimana cara menetapkan tujuan !.

6.5 Membandingkan beberapa standar

Membandingkan Beberapa Standar

"Serulah [ manusia ] kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An - Nahl 16 : 125 ].

Standar adalah ukuran atau nilai yang dianggap tetap sehingga dapat dipakai sebagai patokan [ acuan ]. Pengunaan standar sangat diperlukan, terutama bagi perusahaan yang memproduksi suatu barang.

Macam-macam standar diantaranya standar kualitas [ mutu ], standar kuantitas [ jumlah ], standar penampilan [ kemasan/pembungkus ] dan standar prestasi. Jadi, sebelum perusahaan memproduksi suatu barang harus dibuat rencana standar barang yang akan diproduksi.
Dalam menetapkan standar tidak hanya perusahaan, dalam kehidupan pun kamu harus memiliki standar.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui bagaimana menyusun suatu standar !.

6.6 Menentukan skala prioritas

Menentukan Skala Prioritas

" Serulah [ manusia ] kepada jalan tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An-Nahl 16 : 125 ].

Skala prioritas adalah urutan-urutan kegiatan yang harus dilakukan secara teratur mulai dari hal yang terpenting sampai hal yang kurang penting.
Menentukan skala prioritas merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan suatu kegiatan. agar kita mengetahui mulai dengan apa dan mengakhirinya dengan apa pula sehingga kegiatan yang dilakukan lebih efektif dan efisien.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui gaya kepemimpinan yang kamu dan orang lain miliki !.

6.7 Potensi anggota

Potensi Anggota

"... Serulah [ manusia ] kepada jalan Tuhamu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An-Nahl 16 : 125 ].

Potensi anggota adalah kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok.

Dan setiap individu memiliki potensi yang berbeda-beda yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kepentingan kelompok. Apabila setiap anggota mampu mengembangkan potensinya yang disesuaikan dengan tujuan kelompok, maka kelompok tersebut akan jauh lebih berkembang dibandingkan dengan kelompok yang tidak mampu mengembangkan potensi anggotanya.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui gaya kepemimpinan yang kamu dan orang lain miliki !.

6.8 Membuka usaha kecil

Membuka Usaha Kecil

"Setiap umat ada kiblatnya [ sendiri ], maka hendaklah kamu sekalian berlomba-lomba [ dalam kebaikan ] dimana kamu berada sudah dipastikan Allah akan mengumpulkan kamu semuanya". [ Q.S Al-Baqarah : 148 ].

Sebelum rencana usaha dilaksanakan, maka terlebih dahulu dilakukan studi kelayakan usaha dengan tujuan untuk mengetahui apakah kegiatan usaha tersebut layak untuk dijalankan atau tidak layak dijalankan.

Kelayakan suatu usaha bisa diketahui dari kelayakan sumber daya - sumber daya yang dimiliki misalnya modal, yang menjalankan usaha dan kelayakan dari segi ekonomis yaitu menguntungkan atau tidak apabila usaha tersebut dijalankan.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui bagaimana cara membuka usaha kecil [ mikro ] !.

Terimakasih
Terimakasih
Dan
Terimakasih

Muhammad Iqbal Musalim
Amway Indonesia.
Network TwentyOne Indonesia.
Independence Business Owner.
Amway Business Owner.
08986355448
081214070488

6.9 Mengatur hidupku

Mengatur Hidupku

"Tidaklah penting berapa jam anda bekerja, tetapi yang penting adalah apa yang anda kerjakan pada jam-jam itu".

Jhon Jhones

Kunci sukses dalam hidup adalah bagaimana kita bisa mengatur hari-hari dengan kegiatan berarti, fokus, teratur dan memenuhi target-target atau sasaran yang hendak kita capai dari waktu ke waktu. Apabila orang tidak mempunyai landasan, arah dan sasaran dalam hidup ini, sebenarnya dia tidak pernah mencapai suatu keberhasilan. Pengaturan kegiatan hidup hendaknya berpedoman dengan bagaimana kita dapat mengisi hari-hari kita dengan kegiatan yang wajib dan sunnah juga meninggalkan kegiatan yang mubah, makruh dan terutama yang haram.

Dalam mencapai keberhasilan dimulai dari kebutuhan diri untuk menetapkan arah dan sasaran. Dalam mencapainya, diperlukan kemampuan memimpin diri sendiri dan bertanggungjawab terhadap diri pribadi.
Sehingga dalam hal ini, dituntut untuk memiliki inisiatif dalam memulai suatu kegiatan tidak perlu harus diperintah/menunggu disuruh orang lain terutama yang berkaitan dengan pengaturan diri.
Kita harus dapat mengorganisir diri atau me-manage/mengatur diri kita sendiri.

6.10 Mengevaluasi kegiatan

Mengevaluasi Kegiatan

6.11 Langkah-langkah membuat perencanaan

LANGKAH-LANGKAH
MEMBUAT PERENCANAAN

"Perencanaan yang matang adalah lebih utama dari pekerjaan itu sendiri".

Perencanaan adalah perumusan dan pemutusan apa yang akan dikerjakan pada masa yang akan datang, penetapan tujuan-tujuan perusahaan dan penentuan strategi serta pemilihan alternatif tindakan dengan berbagai pembatasan yang disepakati bersama.

Untuk melaksanakan suatu kegiatan dapat ditempuh langkah-langkah perencanaan sebagai berikut :
1. Peramalan/Prediksi
Yaitu memperkirakan hal-hal yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Peramalan/Prediksi sangat diperlukan untuk memperoleh peluang-peluang yang mungkin dapat dimanfaatkan.
2. Penetapan Sasaran dan Tujuan
Sasaran adalah hasil yang hendak dicapai pada masa yang akan datang. Sasaran lebih spesifik [ khusus ] dan lebih konkrit, terukur dan mempunyai jangka waktu tertentu.
Tujuan adalah hasil yang hendak dicapai pada masa yang akan datang. Tujuan mempunyai sifat menyeluruh, abstrak, mempunyai jangka waktu yang panjang.
3. Kebijakan [ Policy ]
Adalah batasan bagi seseorang untuk mengambil keputusan tentang cara-cara kerja yang akan dilaksanakan. Termasuk dalam kebijakan adalah peraturan-peraturan yang diberlakukan, keuangan, dll.
Kebijakan dapat juga diartikan pilihan dari berbagai kemungkinan/alternatif.
4. Program
Adalah langkah atau kegiatan yang dilakukan untuk mencapai sasaran sesuai kebijakan yang diambil atau merupakan tindakan [ sekumpulan tindakan ] konkrit yang akan dijalankan.
5. Jadwal Waktu
Setiap program harus disusun jangka waktu pelaksanaannya sampai dengan program tersebut selesai.
6. Prosedur Kerja
Prosedur kerja merupakan urutan serta tata cara melakukan pekerjaan.
7. Anggaran Perusahaan
Anggaran merupakan terjemahan program kerja dalam bentuk uang. Anggaran terdiri atas :
• anggaran pendapatan
• anggaran biaya
• anggaran penerimaan dan pengeluaran kas
• anggaran investasi dan sebagainya.
Perencanaan itu mempunyai berbagai sifat antara lain : faktual, rasional, fleksibel, kontinu [ berkelanjutan ] dan sederhana.

Langkah-langkah perencanaan :
PREDIKSI =} SASARAN =} TUJUAN
=} KEBIJAKAN
=} PROGRAM
PROSEDUR =} JADWAL =} ANGGARAN

6.12 Mengelola proyek

MENGELOLA PROYEK

"Menggunakan analitis serius berbasis angka dan intuisi, maka anda akan dapat mengelola proyek besar".

Proyek adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan dengan waktu penyelesaian yang tegas.

Membuat proposal proyek pada dasarnya membuat langkah-langkah perencanaan secara menyeluruh tentang hal-hal yang akan dilaksanakan atau dikerjakan.

Agar pelaksanaan suatu proyek berjalan dengan baik, diperlukan keterampilan kepemimpinan, koordinasi dan kerjasama yang baik pula dari unsur-unsur yang terkait.

6.13 Gaya manajemen

GAYA MANAJEMEN

"Anda akan dapat menjadi manager yang baik asal anda jangan bergaya sok menjadi manager".

Kepemimpinan berkaitan dengan hubungan antar manusia. Keahlian ini merupakan salah satu cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Selain cara berinteraksi, keahlian ini juga meliputi tingkat kepekaan seseorang terhadap kebutuhan orang lain. Sebab keahlian memimpin yang dimiliki seseorang [ individual ] kurang ada makna/artinya jika tidak dapat dimanfaatkan untuk orang lain.

Sikap pemimpin harus ditampilkan pada waktu dan tempat yang tepat. Waktu dan tempat yang tepat ini sangat ditentukan oleh adanya interaksi antara pemimpin, anggota kelompok dan tujuan bersama kelompok tertentu.

Terimakasih
Terimakasih
Dan
Terimakasih

Muhammad Iqbal Musalim
Amway Indonesia.
Network TwentyOne Indonesia.
Independence Business Owner.
Amway Business Owner.
08986355448
081214070488

Tidak ada komentar:

Posting Komentar