Sabtu, 14 April 2018

LEADERSHIP : 7. BEKERJA DALAM KELOMPOK [ WORKING WITH GROUPS ]

7. BEKERJA DALAM KELOMPOK
[ Working with Groups ]

7.1 Bekerja kelompok

BEKEJA KELOMPOK

"Kerja tim artinya sama dengan berkurangnya "saya" dan bertambahnya "kami".

Bekerja [ berkarya ] dalam Kelompok sangat penting dalam kepemimpinan atau organisasi karena setiap manusia pasti melakukan interaksi dengan sesama manusia dan ciptaan Allah yang lain.

Organisasi adalah himpunan [ kumpulan ] dari sumber daya - sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu, visi dan misi serta tujuan yang sama.

Bekerja dalam kelompok [ Working With Groups ] adalah suatu ilmu dan keterampilan bagaimana anggota kelompok dapat bekerjasama dalam kelompoknya sendiri [ intra group ] atau dengan kelompok [ kelompok lainnya ] untuk menghasilkan produk [ hasil/output ] yang lebih dari kalkulasi [ penjumlahan ] kemampuan masing-masing anggota kelompok dan atau kelompok-kelompok tertentu.

Optimalisasi dari kerja [ karya ] kelompok akan dapat dicapai apabila terdapat kesamaan dalam beberapa hal, yaitu : kesamaan tujuan, kesamaan kepentingan, kesamaan pikiran dan kesamaan tindakan. Mensinergikan tujuan pribadi dengan tujuam tim dan melakukan peran positif dalam tim akan membuat akan membuat tim menjadi berbobot [ bermakna ] dan menimbulkan kekuatan.

Tips Tujuh "M" dalam melakukan kerjasama :
° Menetapkan sasaran yang konkrit dan jelas.
° Memiliki rasa tanggungjawab bersama atas suatu tujuan.
° Menggunakan sumber daya seefektif mungkin.
° Menciptakan suasana keterbukaan.
° Mengkaji kembali kemajuan yang telah dicapai.
° Membangun pengalaman.
° Memiliki daya tahan dalam kondisi kritis.

7.2 Berorganisasi

Berorganisasi

"Orang lebih penting dari pada organisasi karena organisasi hanya suatu kumpulan orang-orang."

Manusia adalah mahluk sosial. Karena itu manusia tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari pihak lain.
Berorganisasi adalah upaya untuk mengembangkan diri dalam masyarakat dan sekaligus meningkatkan kemampuan dalam interaksi sosial.

Tentu saja sangat penting memahami aspek-aspek dalam berorganisasi karena sebagai mahluk sosial dalam suatu aspek kehidupan kita akan melakukan kerja bersama dengan wadah organisasi.
Pembentukan group atau organisasi dinilai dapat memberi manfaat lebih besar kepada pencapaian tujuan dibandingkan jika dilakukan secara individu [ pribadi ]. Tuntutan untuk membentuk organisasi akan lebih besar jika orang-orang yang terlibat memiliki misi besar yang sulit [ tidak mudah ] untuk dicapai tanpa kerjasama.

BAGAN PROSES ORGANISASI
• PLANNING =} ORGANIZING =} ACTUATING/DIRECTING =} CONTROLLING =} EVALUATING.

7.3 Membersihkan halaman sekolah

Membersihkan Halaman Sekolah

"Rasa kebersamaan dalam tim akan meningkatkan motivasi individu."

Pekerjaan membersihkan halaman sekolah adalah pekerjaan mudah untuk kita katakan, namun kesadaran diri akan kebersihan jarang ada pada para siswa/pelajar. Agar tercapai lingkungan sekolah yang asri, nyaman dan bersih perlu kita rancang bersama kegiatan kebersihan dengan rutin.

Bekerja [ berkarya ] bersama-sama disamping menumbuhkan persaudaraan, juga efisiensi waktu dan tenaga. Melalui kegiatan ini kamu dapat belajar bagaimana merencanakan dan mengorganisir suatu kegiatan. Menyusun deskripsi pekerjaan [ job description ] dan membagi tugas sesuai dengan kemampuan anggota.

7.4 Keputusan kelompok

Keputusan Kelompok

"Bila dua orang tim yang sama selalu saling menyetujui, maka satu tidak diperlukan lagi".

Suatu kelompok atau unit kerja hanya dapat berfungsi dengan baik, bila didalamnya terdapat suatu kerjasama yang baik antara pimpinan dan anggota serta antar anggotanya. Kerjasama tidak akan dapat terjadi begitu saja, tetapi harus melalui suatu proses.

Keputusan kelompok dalam suatu organisasi sangat menentukan langkah dan arah dari organisasi tersebut. Untuk itu dalam membuat keputusan kelompok, harus memperhatikan seluruh anggota kelompok dan harus berdasarkan kepentingan serta tujuan kelompok, bukan atas nama kepentingan pribadi/sendiri.

7.5 Tujuan kelompokku

Tujuan Kelompokku

"Pertolongan Allah beserta orang-orang yang berjamaah. Dan barang siapa yang mengisolasi diri, ia akan menyendiri di neraka".
"Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An-Nahl 16 : 125 ].

Tujuan kelompok adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh kelompok.
Berhasil dan gagalnya [ tidak berhasil ] pencapaian tujuan kelompok tergantung pada sejauh mana keterlibatan anggota kelompok dalam meraih tujuan tersebut. Tujuan kelompok yang baik adalah tujuan yang dapat menyelaraskan antara tujuan pribadi dengan tujuan kelompok. Dan tujuan itu harus jelas juga dipahami oleh setiap anggota sehingga anggota dapat mengembangkan sasaran-sasaran jangka panjang dan menetapkan kebijakan kelompok [ policy groups ].

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui gaya kepemimpinanmu dan yang orang lain miliki !.

7.6 Motivasiku bergabung dalam kelompok

Motivasiku Bergabung dalam Kelompok

"Serulah [ manusia ] kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang yang mendapat petunjuk". [ Q.S An-Nahl 16 : 125 ].

Kelompok merupakan bagian dari kehidupan manusia. Manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Manusia butuh orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Ada beberapa motivasi mengapa seseorang bergabung dalam suatu kelompok, diantaranya : karena individu merasa bahwa ada hal yang tidak dapat dilakukannya seorang diri tetapi harus dikerjakan bersama dengan kelompok, ada perasaan aman ketika berada ditengah-tengah orang banyak. Disamping itu individu dapat memenuhi kebutuhan akan kontak sosial dengan sesama manusia sehingga ia dapat mengungkapkan perasaannya kepada orang lain dan memberi masukan terhadap masalah yang dialami orang lain.

Dengan mengetahui motivasi bergabung dengan kelompok, setiap individu dapat menyelaraskan antara tujuan individu dengan tujuan kelompok yang diikutinya.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengapa kamu bergabung dalam suatu kelompok.

7.7 Menciptakan kepercayaan dalam kelompok

Menciptakan Kepercayaan dalam Kelompok.

"Dan [ juga ] janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedang kamu mengetahui". [ Q.S Al-Anfal 8 : 27 ]

Kepercayaan kepada kelompok merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang yang menganggap bahwa kelompok itu akan memenuhi harapannya.
Keberhasilan suatu kelompok salah satunya ditentukan oleh sejauh mana kepercayaan yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok terhadap anggota kelompok lain. Kejujuran, memiliki tanggungjawab yang tinggi, kesetiaan [ loyalitas ], keterbukaan, persamaan keyakinan dan prilaku akan sangat membantu dalam menciptakan suatu kepercayaan.

Kegiatan di bawah ini, akan membantumu dalam mengetahui bagaimana menciptakan suatu kepercayaan dalam kelompok !.

7.8 Dinamika kelompok

Dinamika Kelompok

"Dan tolong - menolonglah kamu dalam [ mengerjakan kebajikan dan taqwa ] dan janganlah tolong - menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran." [ Q.S Al - Maidah 5 : 2 ].

Dinamika kelompok adalah semangat atau kekuatan yang dimiliki oleh sekumpulan orang yang dapat menimbulkan perubahan di tata hidup kelompok yang bersangkutan. Untuk menjadi sebuah kelompok efektif banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya bisa ditentukan oleh sejauh mana anggota kelompok tersebut dapat berprilaku [ melakukan tindakan nyata ].

Prilaku anggota kelompok agar kelompok menjadi efektif adalah saling mendukung dan melaksanakan keputusan kelompok, saling terbuka dan saling bekerjasama sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui prilaku-prilaku anggota kelompok !.

7.9 Efektifitas kelompok

Efektifitas Kelompok

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah [ agama ] Allah dan janganlah kamu bercerai berai". [ Q.S Al-Imran 3 : 103 ].

Banyak faktor yang mempengaruhi keefektifan suatu kelompok. Apabila dalam suatu kelompok setiap anggota kelompok tidak mengetahui bagaimana menjadi anggota kelompok yang baik dan hal-hal yang harus diperhatikan oleh setiap anggota kelompok, maka tidak akan tercapai keefektifan kelompok tersebut.
Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas suatu kelompok, diantaranya adalah adanya kesamaan keyakinan/aqidah para anggota, saling terbuka antar sesama anggota, adanya kerjasama yang baik dalam menyelesaikan tugas, setiap anggota bertanggungjawab atas apa yang ditugaskan kepadanya, adanya kesamaan dalam bertindak untuk mencapai tujuan kelompok dan saling mendukung satu sama lain.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu bagaimana agar kelompokmu lebih efektif !.

7.10 Gaya kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan

"Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya dan [ memerintahkan ] kamu apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil". [ Q.S An-Nisa 4 : 58 ]

Ada berbagai macam gaya yang dilakukan oleh seorang pemimpin agar dapat mempengaruhi orang yang dipimpinnya, diantaranya : gaya otoriter, gaya demokratis dan gaya laissez faire. Kapan gaya itu harus ditetapkan tergantung situasi dan kondisi ketika kepemimpinan itu harus dilaksanakan.

Kegiatan di bawah ini, akan membantu kamu mengetahui gaya kepemimpinanmu dan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh orang lain.

Terimakasih
Terimakasih
Dan
Terimakasih

Muhammad Iqbal Musalim
Amway Indonesia.
Network TwentyOne Indonesia.
Independence Business Owner.
Amway Business Owner.
08986355448
081214070488

7.11 Koordinasi kelompok

Koordinasi Kelompok

7.12 Dinamika kelompok

Dinamika Kelompok

7.13 Menghadiri pertemuan kelompok

Menghadiri Pertemuan Kelompok

7.14 Peranan anggota kelompok

Peranan Anggota Kelompok

"Keutuhan kelompok bukan pada berapa banyak jumlah anggota kelompok tetapi ada pada bagaimana setiap anggota kelompok membuktikan peranannya masing-masing".



Suatu kelompok atau organisasi tidak akan berhasil mencapai tujuan bila tidak didukung oleh anggotanya.
Tidak mungkin seorang pimpinan berjalan sendiri untuk mencapai tujuan kelompok/organisasi tanpa didukung oleh anggota dan kerjasama dari anggotanya. Paling tidak dia tidak akan mencapai keberhasilan dalam waktu yang sudah direncanakan semula [ sebelumnya ]. Sebaliknya bila dia didukung sepenuhnya oleh rekan [ anggotanya ] dalam suasana yang harmonis dan akrab maka bukan saja pencapaian tujuan dapat lebih dini tercapai tapi juga target yang direncanakan akan bisa dicapai segera. Apabila rekan [ anggota ] bekerja dengan [ with ] pimpinan dan bukan untuk [ for ] pimpinan maka kelompok yang demikian sudah merupakan suatu langkah awal menuju pembentukan tim atau kelompok yang ideal.

7.15 Senasib sepenanggungan

Senasib Sepenanggungan

"Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing".

Dalam mencapai suatu tujuan dalam hidup dan kehidupan ini ada yang bisa dicapai dengan usaha secara individual dan ada yang harus dicapai secara kelompok atau bersama-sama dengan orang lain.
Kelompok atau tim adalah sekumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan, yang secara bersama dapat mencapai hasil yang lebih baik dibandingkan dengan jika dikerjakan secara individu, namun tetap mengakui perbedaan yang ada diantara anggota tim dan belajar bersama-sama dari pengalaman.
Kegiatan ini akan membantu anda untuk belajar bagaimana bekerja dan berkarya dalam kelompok.

7.16 Karakteristik pemimpin

Karakteristik Pemimpin

"Memimpin yang efektif adalah memimpin dengan keteladanan".

Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain.
Karakteristik adalah ciri-ciri khusus, mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan manusia.

Ingatlah bahwa hal yang mendasar bagi kepemimpinan yang berhasil adalah kepercayaan dan keyakinan akan kemampuan kita sendiri untuk melakukan suatu pekerjaan dengan penuh rasa tanggungjawab.
Menjadi seorang pemimpin berarti anda harus bisa memimpin diri sendiri dan memahami orang lain sehingga dapat bekerja sama dengan mereka.
Agar dapat memberikan kepemimpinan kepada orang lain maka anda harus memiliki kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan yang terkait, dihadapi dan anda harus berkarakter seorang pemimpin.

Terimakasih
Terimakasih
Dan
Terimakasih

Muhammad Iqbal Musalim
Amway Indonesia.
Network TwentyOne Indonesia.
Independence Business Owner.
Amway Business Owner.
08986355448
081214070488

Tidak ada komentar:

Posting Komentar